Video Call Hingga 50 Orang dengan WhatsApp Web, Ini Caranya!

Maraknya pengguna yang membutuhkan aplikasi video call untuk kebutuhan video conference seperti Zoom, Google Meet, dll. Kini WhatsApp sudah dapat digunakan untuk video call dengan 50 orang sekaligus dengan menggunakan WhatsApp Web dan Messenger Rooms.

Messenger Rooms sendiri merupakan layanan dari Facebook yang dapat memfasilitasi penguna untuk melakukan panggilan video hingga 50 orang secara gratis tanpa batas waktu layaknya di aplikasi Zoom yg dibatasi hingga 40 menit.

Rooms awalnya dibuat melalui Messenger atau Facebook dan dapat digunakan untuk mengundang siapa saja untuk bergabung tanpa harus memiliki akun Facebook. Karena integrasi antara WhatsApp Web dan Messenger Rooms sudah selesai, kini Rooms dapat langsung dibuat melalui WhatsApp Web saja.

Berikut adalah cara video call hingga 50 orang di Whatsapp Web dengan menggunakan Messenger Rooms:

  1. Buka WhatsApp Web.
  2. Buka chat grup atau teman yang akan diajak video call.
  3. Pilih icon klip yang terletak di kanan atas.
  4. Pilih icon warna biru yang bergambar seperti kamera video (Rooms) di paling bawah.
  5. Kamu akan diarahkan ke halaman Messenger untuk login akun Facebook anda.
  6. Setelah itu buat Rooms dan link untuk Rooms tersebut sudah siap dibagikan untuk mengundang pengguna lain untuk bergabung video call.

Sebelumnya, Juru bicara WhatsApp mengatakan video call ini berbeda dengan Zoom atau Google Meet yang menjadwalkan rapat pada waktu tertentu. Messenger Rooms mirip seperti kamar di mana teman-teman bisa mampir dan bercakap-cakap bila ada waktu. Mirip seperti lounge ketimbang ruang rapat, seperti dikutip dari TechRadar, Senin (24/8/2020).

Manager Messenger Rooms Tiffany Dohzen mengatakan pihaknya memastikan percakapan Messenger Rooms akan sangat aman digunakan. Kreator Rooms bisa mengunci ruang percakapan, mengeluarkan pengguna yang salah dari Rooms, dan jika orang tersebut sudah diblokir di Facebook tidak akan bisa bergabung dengan Rooms.

"Kami juga telah menambahkan banyak fitur kolaboratif, efek keren pada aplikasi seluler, dan yang baru seperti pencahayaan dan latar belakang. Latar belakangnya sangat keren. Beberapa dianimasikan, Anda dapat memindahkannya," ujarnya.

Komentar